Dunia Simbol, Simbol Dunia…

Ada dua hal yang membuat saya menyukai Ilmu Semiotika, ilmu yang sama sekali tidak populer.

Pertama yaitu ya ketidak populerannya itu 🙂 Kedua, adalah karena Ilmu ini begitu saktinya hingga bisa menguliti makna dari semua apa yang kita lihat. Baik itu simbol, ikon, atau segala saja yang diterima indera penglihatan kita.

Semiotika punya arti luas, namun secara singkat ilmu ini adalah ilmu tentang makna.

Apa di dunia ini yang tidak bermakna? Tidak ada. Semua bentuk wujud pasti ada karena satu makna. Bahkan kelahiran manusia juga karena adanya makna manusia itu sendiri di dunia.

Semua makna bisa hadir dari simbol-simbol. Dari simbol-simbol inilah mitos-mitos yang ada di alam dunia bisa lahir.

Dunia yang kita tinggali gratis ini adalah gudangnya simbol. Semua diperlihatkan dalam berupa simbol. Badan kita adalah simbol. Perilaku kita adalah simbol. Semua adalah simbol.

Dari pagi mata terbuka, terang mentari adalah simbol. Sampai malam menjelang tidur, gelap adalah simbol.

24 jam menjalani hari, jutaan simbol kita lihat. Merk kendaraan, jenis pakaian dan seragam, minyak wangi, rapih tidaknya meja kantor, cara bicara, raut muka teman sekerja, tempat makan favorit, jenis tas kerja, mall tempat belanja, semua simbol. Kita berkutat dengan simbol dan simbol.

Representasi simbol itulah yang melahirkan mitos. Mitos paling gampang dilihat adalah mitos gaya hidup. Jam kerja biologis juga bisa menjadi gambaran gaya hidup dari simbol yang ada. Berangkat pagi jam 6 pg dan pulang jam 11.30 malam, untuk kembali bekerja esok harinya, menciptakan satu mitos gaya hidup pekerja yang super sibuk..

Ada tokoh pintar yang hadir untuk hal Mitos ini, namanya Roland Barthes. Dia adalah penganut ilmu Semiotika mazhab Ferdinan de’Saussure. Barthes dengan luar biasa, menguliti makna hingga 2 lapis dan menciptakan mitos dari pemaknaan tahap 2 nya itu.

Menggali simbol, adalah penting bagi orang2 Marketing. Karena dari memaknai simbol, pola pasar juga bisa terbentuk. Grade, Status Sosial, Pola Pendidikan, dll. Sepertinya sepele. Tapi coba kita belajar satu hal. Ambil satu poster iklan. Teliti setiap senti gambarnya. Turunkan jadi beberapa makna. Maka akan ketahuan, ke arah mana iklan itu ditujukan.

Dunia kita sekarang adalah dunia simbol. Simbol yang jujur, bahkan simbol yang bohong.

Dan apabila kita masih diliputi simbol bersimbol, tenanglah, berarti kita masih ada di dunia.. Dunia simbol adalah simbol dari dunia..

Salam,

Yopi’s Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

2 responses to “Dunia Simbol, Simbol Dunia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s