Sabtu pagi untuknya…

Jakarta 9.30am.

Matanya berkerejap sambil menyilangkan punggung tangannya di depan mata.

“Silau..” Katanya pelan kepada Sang Mentari yang dengan ikhlasnya menyiramkan sinarnya yang lembut.

“Bangunlah, aku sudah 3 tombak lebih tinggi dari tanah.” Sang Mentari mengingatkan.

“Aku ngantuk, enyahlah!” Sambil kali ini menutup wajahnya dengan bantal.

“Ini sudah waktunya bangun. Dari mana saja kau semalam?” Sang Mentari bertanya.

“Ini Sabtu.. Aku pulang malam, lepas malam tepatnya. Habis kerja teman-teman bawaku jalan dan menikmati Jakarta. Aku stress kerja terus.” Jawabnya dengan ketus.

“Sudah bertemu anakmu?” Sang Mentari bertanya lagi.

“Tidak, tadi malam terlalu malam.”

“Setiap hari begitu?”

“Ya.. Besok aku ketemu dengannya, kadang aku ajak dia jalan malam juga.”

“Anak sekecil itu kau ajarkan jalan malam? Dia kan harus sekolah?”

“Ya itu caraku komunikasi dan interaksi dengannya. Bagaimana lagi?”

“Pulanglah lebih awal. Jangan habiskan banyak waktumu diluar rumah. Setiap waktu itu punya hak. Waktu kerja, waktu di rumah. Jangan kau biarkan satu waktu menangis menagih hak, karena kau lebih terbuai di waktu yang lain…”

“Aku…” Tercekat dia.

“Kau bisa memiliki segalanya, namun kau tidak benar-benar menikmatinya. Kau sesungguhnya rugi. Apa lagi yang ingin kau kejar. Dunia? Mulutmu terlalu kecil untuk menelan dunia.”

“Aku..”

“Bangunlah… Rapihkan kamar anakmu, sambutlah ia yang sebentar lagi pulang sekolah. Sambut dengan senyuman segar. Suruh semua orang keluar rumah. Mainlah dengan anakmu hari ini di rumah. Berikanlah kewajibanmu untuk waktu.”

Diamnya menandakan hatinya masih lunak. Dia buka bantal di wajahnya. Dia buka matanya. Dia senyum pada Sang Mentari.

“Terimakasih…” Pelan sekali..

Yopi’s Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

