Pap…

Pap…
Darahmu yang mengalir di darahku berdesir panas malam ini.
Ini yang ke milyaran kali…
Aku tahu, kau tengah merindu. Seperti akupun merindumu..

Pap…
Aku melemah setiap waktu lama menjauhkanku darimu..
Aku terjatuh setiap masa menerbangkanku jauh dari pelukmu.

Aku tengah teringat padamu… Pap..

Aku pernah melihatmu berdiri kokoh diatas. Dan kau tetap bersahaja..
Aku pernah melihatmu jatuh tersungkur. Dan kau tetap beryukur.

Kau tak memberiku dunia berlebih ketika kau tengah menguasai dunia.
Itu membuatku belajar untuk tetap menunduk.
Kaupun tak mengajarkanku menangis ketika kau tak memiliki apa-apa.
Itu membuatku belajar untuk tetap tegar.

Tak pernah kau mengatakan “Tak ada” ketika aku meminta, walau kau tengah tak berdaya.
Kau berjalan, berlari, mencarinya agar itu ada untukku, walau mungkin itu tak cukup.
Tapi kau berusaha…

Dan tak pernah pula kau mengatakan “Ada” ketika aku jumawa.
Kau tahan, kau bentengi akau ketika aku merasa bahwa dunia ini seakan aku telah taklukan..
Kau selalu mengingatkan…

Pap..
Tak pernah kau mengumbar murka…
Kau diam, ketika aku salah, kau hanya Kau diam, ketika aku salah, kau hanya pandangiku.
Aku selalu malu ketika kau lakukan itu.
Malu itu yang membuatku selalu menahan diri melakukan salah dihadapanmu.
Malu itu yang membuatku sangat menghormatimu..

Pap…
Kau ajariku menahan sakit..
Kau ajariku menahan perih..
Kau ajariku memberi..
Kau ajariku menerima..
Kau ajariku senyum..
Kau ajariku bersabar..
Kau ajariku bersyukur..
Kau ajariku hidup..

Dalam setiap langkahku, kuminta doamu.
Dalam setiap nafasku, kuminta berkahmu…

Dalam doaku malam ini untukmu, kesehatanmu, panjang umurmu…

Pap..
Darahmu yang mengalir di darahku berdesir semakin deras.
Aku sangat merindumu…

*Special for my father (Rd. H. Andy Ruswandy)

Leave a Reply

